Yeromi Bembok Yang Merupakan Pemilik Blog "I’M YOUR FRIEND" Sedang Menikmati salah satu Kedai Coffe Favorite Dirinya Di Kota Wamena Papua Pegunungan

10 Kalimat Sederhana yang Sering Di Ucapkan Oleh Pemikir Tingkat Tinggi



I’M YOUR FRIEND  –  Doktor Psikologi, Dr. Elisabeth Crain PsyD, pernah mengungkapkan bahwa pemikiran tingkat tinggi berada di luar kebiasaan.

Sederhananya, orang dengan pemikir tingkat tinggi kerap mengambil langkah mundur dalam berpikir untuk mengambil gambaran yang lebih besar.

Kemudian mereka membuat hubungan antara ide-ide yang tampaknya tidak berhubungan dan menggunakan keterampilan berpikir kritis dan kreatif untuk memecahkan masalah dengan cara yang inovatif.

“Ini meningkatkan kemampuan Anda dalam memecahkan masalah, membuat Anda lebih mudah beradaptasi terhadap perubahan dan meningkatkan kapasitas Anda untuk memahami perspektif orang lain,” ujar MacBride.

Lantas seperti apa ciri khas kalimat yang sering diungkapkan para pemikir tingkat tinggi yang kritis? ini ulasannya menurut psikolog.

10 Kalimat yang Sering Diungkapkan Pemikir Tingkat Tinggi Menurut Psikolog :

1. “Mari kita lihat dari sudut pandang berbeda”
Kalimat di atas menunjukkan bahwa seorang pemikir tingkat tinggi senang melihat ide dan diskusi dari semua sisi. Mereka bersedia mengeksplorasi perspektif alternatif dan menemukan solusi baru.

2. “Apa gambaran yang lebih besar di sini ?”
Kalimat ini menjadi contoh alasan orang-orang memiliki keterampilan tingkat tinggi bisa menjadi pemimpin yang kuat. Yaitu karena mereka memahami bahwa detail adalah bagian dari sistem yang lebih besar.

3. “Saya percaya bahwa . . “
Mirip dengan kalimat sebelumnya, kalimat ini berbeda terletak pada kata ‘saya’ yang berada di awal kalimat. Kata ini menunjukkan bahwa mereka yakin dengan identitas mereka.

4. “Ini keyakinan saya bahwa”
Dr Crain mengatakan bahwa orang dengan pemikiran tingkat tinggi cenderung sangat yakin dengan apa yang mereka katakan karena mereka mampu membangun sistem kepercayaan mereka sendiri berdasarkan pemikiran dan ide yang mereka miliki.

5. “Apa hubungannya dengan yang sebelumnya kita diskusikan ?”
Pemikir kritis dapat mengaitkan titik-titik untuk menarik kesejajaran dan menghubungkan satu ide dengan ide lainnya dalam konteks yang berbeda.

6. “Mari kita lihat apakah kita bisa berbuat banyak dengan lebih sedikit”
Ungkapan ini menunjukkan bahwa pembicaranya sangat baik dalam memperhatikan situasi dengan sumber daya yang kurang.

7. “Bagaimana kalau kita melakukan pendekatan seperti ini ?”
Kalimat ini mirip dengan kalimat sebelumnya. MacBride mengungkapkan bahwa kalimat ini berarti membuka pintu menuju pemecahan masalah dengan menggunakan kreativitas dan fleksibilitas.

8. “Mari kita uraikan asumsi yang kita buat”
Para pemikir tingkat tinggi bersedia berupaya mundur agar orang lain yang bergerak maju. Dr MacBride menjelaskan bahwa mereka menantang status quo dan mempertanyakan keyakinan mendasar.

9. “Bisakah kita menemukan polanya ?”
Mereka yang merupakan pemikir tingkat tinggi selalu berupaya menemukan pola karena pemikiran mereka yang strategis, yang mana penting untuk membuat prediksi atau suatu rencana.

10. “Saya bisa mengerti bagaimana Anda melihatnya seperti ini. Namun, bagi saya, ini terlihat seperti ini”
Ungkapan ini menunjukkan bahwa seseorang mampu melihat sesuatu dari segala sisi tanpa menghakimi pendapat orang lain. Mereka menghargai apa yang dipikirkan, diyakini, dan digagas orang lain dengan cara berpikirnya sendiri.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.